Welcome Back Pemuda Pelajar Mukomuko ( P P M ) Sumatera Barat

Senin, 20 Juni 2011

TIPS DAN TRIK SUKSES LOLOS SNMPTN 2011

SNMPTN ( senampeteen) atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri merupakan salah satu sistem penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri. SNMPTN sendiri diikuti hampir semua PTN yang ada di Indonesia, baik yang ada di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi atupun Papua.

Dalam SNMPTN, standar nilai penerimaan yang di berlakukan tiap PTN berbeda - beda. Biasanya PTN favorit mempunyai standar nilai yang tinggi. Tapi walaupun standar yang ditetapkan tinggi, para peserta justru berlomba - lomba mengejarnya. Ya, karena hampir semua PTN atau Jurusan yang standarnya tinggi, pasti sebanding dengan kualitasnya.

Ok sob, berikut akan coba saya paparkan mengenai TIPS AGAR LULUS SNMPTN. Semua berdasarkan pengalaman ditambah beberapa referensi untuk tambahan. Langsung saja sob, simak baik-baik tips berikut:

1. Hal yang paling mendasar agar kita lolos SNMPTN adalah MOTIVASI sob. So, buatlah api semangat yang ada dalam diri kita menyambar - nyambar ganas.

2. Kalo kalian mengikuti tes SNMPTN berarti kalian ingin masuk di salah satu jurusan di PTN kan sob ? Saran saya, ketahui baik-baik jurusan yang ingin kalian pilih, jangan cuma ikut-ikutan teman, atau juga memilih jurusan tersebut karena merupsksn jurusan faforit. Itu salah besar ! Sesuaikan jurusan yang akan kalian pilih sesuai kemampuan, perhitungkan biayanya, kemudian diskusikan dengan orang tua. Bila kalian masih belum yakin juga, tanyakan pada guru atau siapapun yang mengerti permasalahan tersebut.

3. Sekarang kalian sudah yakin akan memilih jurusan apa dan di PTN mana ? Ok sob, tahap selanjutnya yang akan kita lakukan adalah berkonsentrasi pada materi yang akan diujikan pada saat tes nanti. Dalam tahap yang ketiga ini sangat erat hubungannya dengan tahap satu, yakni MOTIVASI ! Sudahkah kalian bertekad bulat untuk terjun ke medan perang menghadapi soal-soal dan musuh-musuh alias peserta SNMPTN lain ? Jika blum, mending siapkan dulu sob biar langkah berikutnya LANCAR.hehe
Dalam langkah yang ketiga ini, kita sangat sangat sangat saya sarankan agar kalian MENJAMAH latihan-latihan soal SNMPTN, soal-soal tersebut bisa kalian dapatkan dengan sangat mudah, entah itu dengan mengeluarkan MONEY untuk membeli di toko atau tanpa mengeluarkan MONEY yaitu pinjam pada kakak kelas atau siapapun yang punya. Pelajari soal-soal itu sob dan coba kalian analisa. Disana kalian akan menemukan sebuah petunjuk. Apa itu ? Kalau kita perhatikan dengan cermat, soal-soal SNMPTN dari tahun ke tahun mempunyai jenis yang hampir berbeda, hal ini sangat memudahkan kalian dalam mempelajarinya. oke deehhh..

4. Pada tahap ke empat ini, saya mengatakan " Kalau kalian mempunyai dana, alangkah baiknya kalian mengikuti BIMBEL kilat yang biasanya diadakan oleh berbagai macam Lembaga Bimbel, tapi kalau kalian tidak mempunyai cukup biaya, kalian bisa belajar bareng sama teman kalian yang mengikuti program BIMBEL tersebut ". Mengapa saya katakan demikian ? Jawabannya mudah sob, Kalo kalian mengikuti bimbel kilat, otomatis kalian akan fokus dan mendalami tentang materi-materi SNMPTN, biasanya orang - orang yang membimbing kalian adalah Mahasiswa yang telah berpengalaman dalam soal ginian sob. Tapi carilah tempat bimbel yang berkualitas, mahal sedikit bukan masalah, toh sebanding dengan hasilnya kan ?

5. Setelah kalian menyiapkan berbagai keperluan yang dibutuhkan untuk maju ke medan perang, kini saatnya kalian menyiapkan faktor non tekhnis nya. Apa itu ? Faktor-faktor non tekhnis sebelum peperangan dimulai diantaranya adalah :

Meningkatkan keimanan pada sang pencipta (harus sob)
Memohon restu Ortu, Guru dan Teman-teman (intinya minta didoakan lah sob)
Menjaga kondisi sob, jangan sampai sakit ! Percuma donk, uwd susah payah berjuang mempersiapkan diri tapi pada hari peperangan malah sakit.

Itulah sob, "TIPS AGAR LOLOS SNMPTN 2011 DENGAN SUKSES" dari gwe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Terima Kasih Atas Kunjungannya semoga anda Puas Dengan Apa yang Kami Sajikan